Info Riau | Yuk Baca

Info Pekanbaru | Yuk Baca

Info Wisata | Yuk Travelling

Info Kampus | Yuk Baca

Post Page Advertisement [Top]

Ada 26 Kasus Tindak Kekerasan Seksual di Riau, Hati-Hati untuk Perempuan, Ini Para Pelakunya !

INIPKU.COM - Pelaku tindak kekerasan seksual di Provinsi Riau sepanjang tahun 2017-2020 mencapai 26 kasus, seperti dikutip dari Catatan Akhir Tahun LBH Pekanbaru. 


Kasus tindak kekerasan seksual yang menyasar terhadap perempuan dimana ditemukan korban dalam kondisi lemah dan rentan dengan pelaku. 


"Runtutan semua kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan ditemukan korban berada dalam kondisi yang lemah dan rentan dengan pelaku, sebagian pelaku merupakan teman dekat, kerabat bahkan suami yang dengan memiliki kuasa memperlakukan korban sebagai objek pemuas seksual semata," tulis LBH Pekanbaru, dikutip pada Minggu, 27 Desember 2020. 


Ternyata, tindak kekerasan seksual pada perempuan di Provinsi Riau juga menyasar pada lingkungan keluarga, pendidikan, dan pasangan belum menikah atau pekerjaan.


"Tidak hanya itu, lingkungan dalam kasus-kasus tersebut merupakan lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, lingkungan sosial masyarakat, lingkungan pasangan belum menikah dan pekerjaan, dan lainnya," tulisnya.


YLBHI-LBH Pekanbaru selaku Organisasi Bantuan Hukum (OBH) di Provinsi Riau memang cukup sering menangani kasus-kasus kekerasan seksual menyasarkan pada tidak cukupnya payung hukum bagi penegak hukum untuk memberikan efek jera kepada pelaku kekerasan seksual.


Termasuk ketidak mampuan atau ketidak seriusan Polisi selaku aparat penegak hukum walaupun sudah cukup bukti, terlebih jika pelaku adalah aparat itu sendiri.


Berdasarkan data Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pekanbaru dalam melakukan penanganan kasus serta pendampingan di dalam dan/atau diluar pengadilan dengan upaya advokasi terhadap tindak kekerasan seksual sepanjang tahun 2017 sampai 2020 setidaknya terdapat 26 kasus.


Dengan kategori Kekerasan Seksual Terhadap Anak (3 kasus), Pelecehan Seksual (7 kasus), Janji Kawin/KDP (6 kasus), Perkosaan/Pencabulan (3 kasus), Marital Rape (7 kasus). 


Selengkapnya baca disini : https://www.lbhpekanbaru.or.id/wp-content/uploads/2020/12/Catahu-LBH-Pekanbaru-2020.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]