Info Wisata | Yuk Travelling

Info Kampus | Yuk Baca

Post Page Advertisement [Top]

Utamakan Silahturahmi : Tujuh Tips Lebaran Idul Fitri saat Pandemi, Ini Caranya
iniPKU.com - Merayakan lebaran atau Idul Fitri tahun 2020/1441 H memang ada perbedaan. Disaat pandemi virus c0vid-I9, yang membuat perubahan sosial dalam masyarakat. Berikut ini tips untuk merayakan lebaran buat kamu yang tak bisa mudik.

Lebaran disaat wabah virus ini tips dan caranya. Umat Muslim yang akan melaksanakan hari raya atau lebaran Idul Fitri 2020 agak berbeda dari tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan, tahun 2020 kita mendapatkan musibah pandemi virus, yang seluruh dunia terdampak. Untuk di Indonesia, pandemi ini membuat umat Muslim yang hendak merayakan lebaran 2020 terganggu.

Pasalnya lebaran tahun ini, kita tidak bisa bersilahturahmi dengan bertatap muka langsung. Shalat Idul Fitri pun dianjurkan pelaksanaannya di rumah saja. 

Kebiasaan yang sudah menjadi identitas budaya lebaran tidak bisa dirayakan seperti biasanya. Yang kalau lihat dulu, kita ramai dalam shalat idul fitri terutama di masjid-masjid besar. 

Apalagi buat kita yang terjebak dan tidak bisa pulang kampung, yang membuat beda dalam lebaran tahun lalu. Terutama bagi anak kos, para pekerja yang terjabak pandemi virus, lantas apa yang bisa dilakukan, biar efektif lebaran tahun ini ?

Nah, saya coba bercerita sedikit dari hasil pengalaman selama berkelana yang mana memang kebiasaan idul fitri atau lebaran menjadi hal penting setiap tahunnya.

Berikut ada tujuh tips yang bisa kamu lakukan agar lebaran idul fitri tahun 2020 efektif dan bisa tetap bersilahturahmi dengan keluarga dirumah, kerabat, dan rekan kerja.

Pertama, sesuai anjuran dari Kementerian Agama RI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), tentang Shalat Idul Fitri 2020/1441 H di rumah. Sebagai upaya untuk memutus rantai penularan virus C0vid-I9, anjuran tersebut diharapkan dapat dilaksanakan dengan bijak oleh masyarakat.


Kamu bisa laksanakan sholat sesuai arahan tersebut ya. Usahakan tetap menjaga protokorel kesehatan dan menjaga pola makan yang baik.

Kedua, Persiapkan Perlengkapan Shalat Idul Fitri di rumah. Sebagai salah satu sarana dan prasarana dalam mendukung shalat, kamu jangan lupa untuk mempersiapkan busana shalat yang rapi, bersih, dan comel, hehehe

Ketiga, Cara Bersilaturahmi dengan Video Call. So...karena kita masih dalam wabah virus ada baiknya untuk tetap menjaga silahturahim dengan baik. 


Nah, kamu bisa pake wa, line atau aplikasi lainnya sebagai pendukung video call kamu ya gais. Pastikan juga koneksi jaringan kamu lancar jaya selalu, biar gak putus nyambung silahturahimnya.

Keempat, Utamakan Dulu Keluarga Inti dan Keluarga Dekat. Nah, buat yang masih diperantauan, kamu bisa dengan cara video call tadi. 

Namun, utamakan dulu keluarga inti kamu yah untuk bersilahturahim, terus menyusul keluarga dekat yang lainnya.

Kelima, Selanjutnya Baru Sahabat, Kerabat di kantor, Teman Semasa Kecil : SD, SMP, SMA, dan pas Kuliah. Nah, buat kamu yang masih menyimpan kontak rekan-rekan sejawat ntah saat sekolah dulu, kuliah, kerja, dan teman kecil. 

Alangkah baiknya tetap menghubungi untuk mengajak silahturahmi dengan video call. Biar tali persaudaraan tetap terjaga dengan baik ya gais.

Keenam, Mulailah degan yang Manis-Manis. Apa yah ? Seperti ucapan Idul Fitri, stiker pesan yang romantis, dan lainnya. 


Kamu bisa coba cara-cara kreatif dalam menyampaikan pesan selamat hari raya idul fitri tahun 2020 dengan penuh kebahagaian dan kegembiraan.

Ketujuh, Selalu Menebar Kebaikan disaat Pandemi Virus. Lebaran tahun 2020 menjadi momen yang langka, karena kita masih dalam keadaan sulit untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung.

Namun, tidak menutup kemungkinan untuk kita tetap bertegur sapa lewat media sosial. Karena tujuan media sosial adalah untuk kita dapat menebar kebaikan, kebahagian dan keceriaan yang dapat memberikan motivasi maupun pembelajaran kepada orang lain.

Oleh karena itu, mari dalam suasana kemenangan dan lebaran idul fitri 2020 sama-sama kita selalu menebar kebaikan melalui berbagai hal yang positif ya gais.

Selamat Idul Fitri 1441 H. Semoga Allah selalu melindungi kita kapanpun dan di mana pun. Semoga kita bisa bertemu di lain waktu. Tetaplah di rumah dan berbahagialah !
Utamakan Silahturahmi : Tujuh Tips Lebaran Idul Fitri saat Pandemi, Ini Caranya
kamu juga bisa membaca informasi lainnya :
https://www.cakaplah.com/berita/baca/53791/2020/05/16/lebaran-idul-fitri-walikota-pekanbaru-minta-warga-sapa-kerabat-lewat-media-sosial-saja/
https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/14/120700465/boleh-dilakukan-di-rumah-ini-tata-cara-shalat-idul-fitri
https://surabaya.tribunnews.com/2020/05/17/khutbah-idul-fitri-2020-di-rumah-dan-tata-cara-shalat-ied-serta-rukunnya-berikut-contoh-lengkap
https://news.detik.com/berita/d-5017669/idul-fitri-1441-h-atau-lebaran-2020-tanggal-berapa
Sumber foto orang tua dan anak :
https://www.ngopibareng.id/timeline/idul-fitri-saat-pandemi-covid-19-ini-tata-cara-shalat-di-rumah-95400
Sumber foto masjid :
Dok.internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]