Info Riau | Yuk Baca

Info Pekanbaru | Yuk Baca

Info Wisata | Yuk Travelling

Info Kampus | Yuk Baca

Post Page Advertisement [Top]

Ada 40 Ribu KK yang akan Menerima Bansos PSBB Pekanbaru
iniPKU.com - Dalam pelaksanaan PSBB masyarakat yang terdampak akibat pemberlakuan PSBB akan mendapatkan bantuan sosial (bansos). Ada berapa banyak ya warga Pekanbaru yang akan mendapatkan bansos ? yuk baca untuk mengetahuinya.

Bantuan Sosial (Bansos). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Pekanbaru sudah mulai dilaksanakan dari tanggal 17 April 2020. 

Pelaksanaan PSBB akan berakhir pada 30 April 2020. Dalam 14 hari pelaksanaan PSBB tentunya akan berdampak bagi masyarakat yang rentan terhadap dampak ekonominya.

Dilansir dari Pekanbaru.go.id, Pemerintah Kota Pekanbaru (Pemko) saat ini masih mendata warga calon penerima bantuan sosial PSBB. 

Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus MT, menyebut menyiapkan anggaran untuk memberikan bansos bagi masyarakat terdampak di Kota Pekanbaru.

Masyarakat miskin terdata berjumlah 15 ribu kepala keluarga (kk). Sementara, untuk warga rentan miskin dan terdampak Covid-19 yang akan menerima bantuan ada sekitar 25 ribu kepala keluarga (KK). 

Total akan ada 40 ribu kepala keluarga (kk) penerima bantuan sosial saat pelaksanaan PSBB berlangsung selama 14 hari di Kota Pekanbaru.

Masih dikutip dari Pekanbaru.go.id, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, Chairani saat dikonfirmasi berapa jumlah warga Pekanbaru yang sudah didata menyebut masih menunggu penghitungan. 

Data yang dihimpun Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih di kecamatan. "Masih di tangan camat dan lurah, tanggal 21 April baru diserahkan ke kami,'' kata Chairani. 

Pendataan warga sebagai calon penerima bansos diharapkan agar diisi dengan benar, sehingga bansos yang diberikan Pemko tepat sasaran.

"Dengan kesadaran pribadi, hati nurani, berikan data yang benar. Kalau tidak tepat sasaran, sebaiknya jangan didata sebagai penerima. Jadi betul-betul tepat sasaran," tukas Chairani.

Untuk mekanisme atau format yang harus diisi warga calon penerima bansos sudah beredar. Ada beberapa kategori penerima, yaitu bukan penerima Program Keluarga Harapan (PKH), positif Covid-19, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Dalam Karantina.

Beberapa profesi yang bisa menerima dalam form itu, seperti pelaku UKM, dan koperasi, industri kecil, ustaz, ustazah, pendeta, biksu, serta rohaniawan yang semuanya tidak bisa melakukan aktivitasnya.

Selanjutnya, pekerja jasa transportasi baik konvensional, dan online, buruh yang tidak memiliki pekerjaan, guru yang tak berpenghasilan, serta pekerja yang di PHK dan penyandang disabilitas di zona merah.

"Surat ini adalah kumpulan dari semua Dinas. Gharim masjid dan ustad dari kesra, penjaga sekolah dari Disdik, ODP, PDP diskes, UKM Disperindag, dan koperasi," jelas Chairani.

(Sumber Referensi Berita : https://pekanbaru.go.id/p/news/data-penerima-bantuan-di-pekanbaru-masih-di-lurah-dan-camat-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]