Info Wisata | Yuk Travelling

Info Kampus | Yuk Baca

Post Page Advertisement [Top]

Ada 3 Jenis Varian Sate Padang Khas Sumatera Barat, Ini Sejarahnya
iniPKU.com - Pantas aja, rasa satenya kadang beda-beda. Ternyata ini sejarah Sate Padang, ada tiga jenis varian sate khas Sumatera Barat. Yuk makan sekarang, hehehehe

Kuliner Nusantara. Siapa yang tidak pernah makan Sate Padang ? Nah, berarti kamu harus segera menyantap makanan khas Sumatera Barat yang satu ini. 

Sate Padang pertama kali saya makan ketika berada di Kota Pekanbaru, rasanya yang khas, beda dengan sate yang pernah saya makan.

Kuah Sate Padang yang kental, dengan campuran rempah-rempah, serta rasa gurih pada daging satenya yang membuat saya begitu menikmati Sate Padang saat itu.

Banyak dari kita yang tahu dan pernah makan Sate Padang, tapi kita tak pernah ingin tahu sejarahnya. Sama itulah yang membuat saya penasaran untuk mencari referensi mengenai sejarah Sate Padang.

Nah berikut ini ulasan mengenai sejarah Sate Padang yang bisa menambah wawasan kita sebagai penikmat kuliner nusantara.

Makanan khas Sumatera Barat. Dilansir dari Wikipedia.org, Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatra Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman.

Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan), dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning, sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas.

Berbagai Jenis Sate Padang yang Harus Anda Ketahui. Dilansir dari Campaniarestaurant.com, berikut dibawah ini penjelasan mengenai berbagai jenis Sate Padang yang mungkin pernah Anda santap.

Pertama, Sate Darek. Sate ini berasal dari Padang Panjang, kota kecil yang jadi tetangga dengan Kota Padang. 

Sate yang berasal dari Padang Panjang ini biasanya dikenal dengan istilah Sate Darek. Sate Padang jenis ini memiliki kuah berwarna kuning cerah, karena menggunakan campuran kunyit dalam proses pembuatannya. Rasanya gurih sekaligus pedas. 

Karena cepat encer ketika dingin, maka kamu harus sigap menyantap sate selagi hangat. Daging sate ini dipanggang di atas bara api dan mengeluarkan aroma wangi sekaligus menggoda indera penciuman. Kerupuk kulit yang dicelup ke dalam kuah kuning jadi menu favorit banyak orang.

Satu pondok sate yang legendaris adalah Sate Mak Syukur yang terletak di jalan Mohammad Syafei No.63, Pasar Baru, Padang Panjang, Sumbar. Kamu pasti akan melewati restoran ini dalam perjalanan menuju Bukittinggi.

Kedua, Sate Pariaman. Sate Pariaman yang asli memiliki warna kuah merah kecokelatan. Biasanya, sate Pariaman memiliki rasa pedas yang jauh lebih dominan ketimbang Padang Panjang.

Kuah sate sendiri terbuat dari campuran tepung beras, tepung kanji, ketumbar, bawang putih dan merah, lengkuas, serai, cabai merah dan masih banyak lagi. Pokoknya super nikmat deh!

Namun sayangnya, cukup sulit untuk menemukan sate Pariaman berkuah merah di Jakarta. Karena rata-rata kedai sate meracik kuah yang berwarna coklat, yang jadi perpaduan Padang Panjang dan Pariaman.

Beberapa sate Padang-Pariaman yang bisa kamu temukan adalah Ajo Ramon, Ajo Manin dan Takana Juo.

Ketiga, Sate Dagung-Dangung. Sate yang satu ini berasal dari Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Daging sate Dangung-Dangung jauh lebih manis dan dibaluri dengan parutan bumbu kelapa kekuningan di sekelilingnya.

Kuahnya yang berwarna kuning kecokelatan dan kental, dengan aroma wangi yang menggoda. Sempurna untuk kamu pecinta rasa gurih dan manis.

Jika kalian berkunjung ke wilayah Sumatera Barat, kamu pasti bisa dengan mudah menemukan sate Dangung-Dangung ini.

Nah, itulah sejarah singkat mengenai Sate Padang yang menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat. Kira-kira kamu pernah makan Sate Padang yang jenis satenya dari daerah mana ya ?

Sumber Referensi : 1 | 2 | 3 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]